Kuliah Tamu Praktisi Industri Oleh Bapak Fajar Saptono Dengan Materi Data Mining

FIKOM UMUSLIM – Implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Informatika (S1) Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Almuslim Bireuen – Aceh menghadirkan dosen praktisi dan pakar.
Fajar Saptono selaku dosen praktisi Head of Engineering dari Perusahaan PT. Antikode Desain Eksperiensia dengan materi Data Mining, kegiatan berlangsung di ruang seminar kampus Ampon Chiek Peusangan, selama dua hari 4-5 November 2022.
Kehadiran dosen praktisi merupakan tindak lanjut dari implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) yang merupakan salah satu hibah Direktorat Kelembagaan Kemdikbud Ristek Dikti untuk mempercepat implementasi program MBKM.
Kuliah praktisi ini merupakan salah satu agenda dari beberapa kegiatan pada program PK-KM, dengan tujuan mempersiapkan lulusan sesuai tuntutan dunia industri dan kebutuhan masyarakat, “Selain mendatangkan dosen praktisi, juga mengirimkan sejumlah mahasiswa magang ke kampus di pulau Jawa dan beberapa perusahaan di Aceh maupun luar Aceh,” jelas Riyadhul Fajri.
“Kuliah tamu dosen praktisi Fajar Saptono Head of Engineering Perusahaan PT. Antikode Desain Eksperiensia yang beralamat Tangerang Selatan Banten diikuti sebanyak 42 peserta membahas pentingnya Data Mining di era serba digital saat ini,” tambahnya.
Menurut manajer project IT sejumlah perusahaan multi nasional ini, di era digital data mining yang sering disebut juga Knowledge Discovery in Database merupakan tuntutan dan kebutuhan, “Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI),” urai Head of Information Technology at EGOGO ini. “Apalagi dalam E-Commerce, penerapan Data Mining dalam Management Customer (CRM) sangat diperlukan untuk membantu pengembangan brand bisnis yang sangat ngetren dewasa ini,” jelas Fajar Saptono.
Kegiatan Dosen praktisi ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Program Studi Informatika dimana sebelumnya pada tanggal 4-5 Oktober 2022 telah menghadirkan Komisaris PT. Mitasen Inti Solusi bapak Munarzar, S.Kom dengan materi Pengembangan Software.

Kegiatanan ini telah tayang di beberapa media online

Juangnews.com dengan judul Implementasi MBKM Fikom Umuslim Datangkan Dosen Praktisi

baranewsaceh.co dengan judul Praktisi Industri Kuliah Tamu di Fikom Umuslim

Teropongbarat.co dengan judul Praktisi Industri Kuliah Tamu di Fikom