Acara Seminar Nasional Ilmu Komputer 2016 pemateri Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D

FIKOM, Senin (21/11) SEMINASIK - Seminar nasional yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim (Fikom Umuslim) bertempat di Aula M.A.Jangka kampus Universitas Almuslim menghadirkan Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D sebagai pemateri, beliau merupakan mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada sebuah instansi pemerintah di pulau Jawa.

Seminar Nasional Ilmu Komputer 2016 dengan tema; "Entrepreneurship, Business Intelligence”. Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D merupakan seorang lulusan Software Engineering di Department of Computer Science di Saitama University Jepang dan Nanyang Technologi University (NTU), Singapore bidang minat penelitian Software Engineering dan Machine Learning, sekarang berkiprah sebagai pelaku bisnis dan pakar pengembangan teknologi informatika.

Saat ini beliau menjabat sebagai pendiri dan CEO dari PT Brainmatics Cipta Informatika, dan PT IlmuKomputerCom Braindevs Sistema, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software Ketua panitia Riyadhul Fajri, S.ST., M.Kom mengatakan tujuan seminar ini untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada mahasiswa dan alumni fakultas ilmu komputer supaya meningkatkan semangat wirausaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khususnya bidang E-Commerce yang semakin pesat di dunia bisnis, jadi lulusan fakultas ilmu Komputer tidak hanya berorientasi pada PNS.

Rektor Umuslim pada pembukaan mengatakan bahwa Umuslim sangat mendorong lahirnya enterpreneur sejati dari kampus ini, yang bukan menggantungkan harapan semata-mata kepada PNS. Harapan kita dengan adanya seminar ini para peserta akan mendapatkan ilmu tentang pengembangan E-Commerce, pengetahuan tentang penelitian terkini di bidang IT dan para lulusan fakultas ilmu Komputer akan menambah wawasan bahwa peluang kerja lulusan ilmu komputer sangat luas dan mereka tidak hanya fokus untuk menjadi PNS, bagi dosen dengan seminar ini bisa menjadi media publikasi dan berbagi pengetahuan penelitian dengan para peneliti bidang ilmu komputer (IT) di seluruh Indonesia.

Dalam uraiannya Romi mengulas bagaimana penggunaan data yang menghasilkan peluang bagi lahirnya solusi pemecahan masalah dan melahirkan peluang bisnis. Kalau hanya mengharapkan menjadi PNS maka terlalu kecil sekali menggantungkan cita-cita, karena peluang di bidang komputer terlalu luas dan beragam.